LAPORAN
PRAKTIKUM I
PENGENALAN SISTEM OPERASI, IDE VISUAL C++,
DAN ALGORITMA PEMROGRAMAN
Disusun untuk Memenuhi Matakuliah
Praktikum Dasar Pemrograman C++
Dibimbing oleh Bpk. Wahyu Sakti G.I
Oleh:
ULFA DEVAYUNI UTAMI
120534431501
S1
PTE ’12 OFF D
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS TEKNIK
JURUSAN TEKNIK
ELEKTRO
PRODI PENDIDIKAN
TEKNIK ELEKTRO
Februari 2014
PENGENALAN SISTEM OPERASI, IDE VISUAL C++, DAN ALGORITMA
PEMROGRAMAN
A. Tujuan
Setelah mempelajari bab ini diharapkan mahasiswa akan
mampu :
1.
Mengoperasikan komputer
khususnya Windows dengan baik.
2.
Mengenali dan menggunakan
IDE C++ dengan baik.
3.
Membuat program sederhana
menggunakan bahasa C++.
B.
DASAR TEORI
1. Sistem Operasi
Sistem
Operasi atau Operating System adalah perangkat lunak yang dipasang pada
PC, laptop, atau perangkat lain yang berfungsi sebagai perantara (interface)
antara pengguna dan perangkat keras. Fungsi dari sistem operasi adalah:
1) Sistem
operasi mengatur kerja hardware sehingga hardware bisa dan mudah digunakan.
2) Mengatur
dan mengontrol program aplikasi yang terinstall di PC
3) Melakukan
manajemen memory
4) Memproteksi
PC dari malware, virus, dan ancaman lain
5) Sebagai
resource manager dan resource allocator
Gambar
1. Gambar Mekanisme Sistem Operasi
2. Pemrograman dan Algoritma
Pemrograman
adalah proses membuat software komputer dengan menerapkan algoritma dan
struktur data tertentu menggunakan bahasa pemrograman. Algoritma adalah metode dan
tahapan sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.
Pembuatan algoritma mempunyai banyak keuntungan di antaranya
:
·
Pembuatan atau
penulisan algoritma tidak tergantung pada bahasa pemrograman manapun, artinya
penulisan algoritma independen dari bahasa pemrograman dan komputer yang
melaksanakannya.
·
Notasi algoritma dapat
diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa pemrograman.
·
Apapun bahasa
pemrogramannya, output yang akan dikeluarkan sama karena
algoritmanya sama.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat algoritma
:
·
Teks algoritma berisi
deskripsi langkah-langkah penyelesaian masalah. Deskripsi tersebut dapat
ditulis dalam notasi apapun asalkan mudah dimengerti dan dipahami.
·
Tidak ada notasi yang
baku dalam penulisan teks algoritma seperti notasi bahasa pemrograman. Notasi
yang digunakan dalam menulis algoritma disebut notasi algoritmik.
·
Setiap orang dapat
membuat aturan penulisan dan notasi algoritmik sendiri. Hal ini dikarenakan
teks algoritma tidak sama dengan teks program. Namun, supaya notasi algoritmik
mudah ditranslasikan ke dalam notasi bahasa pemrograman tertentu, maka
sebaiknya notasi algoritmik tersebut berkorespondensi dengan notasi bahasa
pemrograman secara umum.
·
Notasi algoritmik bukan
notasi bahasa pemrograman, karena itu pseudocode dalam notasi
algoritmik tidak dapat dijalankan oleh komputer. Agar dapat dijalankan oleh
komputer, pseudocode dalam notasi algoritmik harus
ditranslasikan atau diterjemahkan ke dalam notasi bahasa pemrograman yang
dipilih. Perlu diingat bahwa orang yang menulis program sangat terikat dalam
aturan tata bahasanya dan spesifikasi mesin yang menjalannya.
·
Algoritma sebenarnya
digunakan untuk membantu kita dalam mengkonversikan suatu permasalahan ke dalam
bahasa pemrograman.
·
Algoritma merupakan
hasil pemikiran konseptual, supaya dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma
harus ditranslasikan ke dalam notasi bahasa pemrograman. Ada beberapa hal yang
harus diperhatikan pada translasi tersebut, yaitu :
a.
Pendeklarasian variabel
Untuk mengetahui dibutuhkannya pendeklarasian variabel dalam
penggunaan bahasa pemrograman apabila tidak semua bahasa
pemrograman membutuhkannya.
b. Pemilihan
tipe data
Apabila bahasa pemrograman yang akan digunakan membutuhkan
pendeklarasian variabel maka perlu hal ini dipertimbangkan pada saat pemilihan
tipe data.
c. Pemakaian
instruksi-instruksi
Beberapa instruksi mempunyai kegunaan yang sama tetapi
masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.
d. Aturan
sintaksis
Pada saat menuliskan program kita terikat dengan aturan
sintaksis dalam bahasa pemrograman yang akan digunakan.
e. Tampilan
hasil
Pada saat membuat algoritma kita tidak memikirkan tampilan
hasil yang akan disajikan. Hal-hal teknis ini diperhatikan ketika
mengkonversikannya menjadi program.
f. Cara
pengoperasian compiler atau interpreter.
Bahasa pemrograman yang digunakan termasuk dalam kelompok compiler atau interpreter.
program yang
Kode
program yang telah ditulis di-compile dan dieksekusi untuk menjalankannya.
Compile adalah menerjemahkan kode ditulis menggunakan bahasa pemrograman, ke
bahasa mesin yang dapat dimengerti oleh komputer sehingga komputer mengerti apa
yang diperintahkan.
Gambar 2. Gambar
Mekanisme Eksekusi Program
3. FLOWCHART
Flowchart
atau diagram alir adalah diagram yang digunakan untuk merepresentasikan
algoritma atau aliran program (flow) secara logika. Untuk pengolahan data
dengan komputer, urutan dasar pemecahan suatu masalah:
a.
START, berisi pernyataan untuk persiapan
peralatan yang diperlukan sebelum menangani pemecahan persoalan.
b.
READ, berisi pernyataan kegiatan untuk
membaca data dari suatu peralatan input.
c.
PROSES, berisi kegiatan yang berkaitan
dengan pemecahan persoalan sesuai dengan data yang dibaca.
d.
WRITE, berisi pernyataan untuk merekam
hasil kegiatan ke peralatan output.
e.
END, mengakhiri kegiatan pengolahan.
Walaupun
tidak ada kaidah-kaidah yang baku dalam penyusunan flowchart, namun ada
beberapa anjuran :
a.
Hindari pengulangan proses yang tidak
perlu dan logika yang berbelit sehingga jalannya proses menjadi singkat.
b.
Jalannya proses digambarkan dari atas ke
bawah dan diberikan tanda panah untuk memperjelas.
c.
Sebuah flowchart diawali dari
satu titik START dan diakhiri dengan END.
Contoh Flowchart:
4.
IDE (Integrated Development
Equipment) Visual C++
IDE
(Integrated Development Equipment) adalah program komputer yang memiliki
beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan
dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam
membangun perangkat lunak.
Latihan
Praktikum 1
Pemrograman
C++
Nama
Program :
Menampilkan kalimat Selamat
Datang di
Kelas Bahasa Pemrograman
Terstruktur
Bahasa
Pemrogramam : C++
Compiler : Visual C++ 6.0
Script program :
#include <stdio.h>
void main ()
{
printf("Selamat Datang di
Kelas Bahasa Pemrograman Terstruktur!\n");
}
Output
Program :
Penjelasan :
Dalam program ini kita menggunakan
header #include <stdio.h> karena kita menggunakan fungsi prinf untuk menampilkan pesan yang ingin
ditampilkan pada program ini. Dan header #include <conio.h> yang di
akhiri getch(); berfungsi untuk mempertahankan tampilan.
Latihan
Praktikum 2
Pemrograman
C++
Nama
Program :
Menampilkan Identitas Diri
Bahasa
Pemrogramam : C++
Compiler : Visual C++ 6.0
Script program :
#include <stdio.h>
main()
{
printf("Nama : Ulfa Devayuni Utami\n");
printf("NIM : 120534431501\n");
printf("Prodi: S1
Pendidikan Elektro 2012\n");
printf("Offering :
D\n");
printf("TTL : Pamekasan, 21 Januari 1993\n");
printf("Kota Asal : Pamekasan\n");
printf("Alamat : Desa Bunder Kec.Pademawu
Kab.Pamekasan\n");
}
Output
Program :
Penjelasan :
1.
Dalam program ini kita menggunakan
header #include <stdio.h> karena kita menggunakan fungsi prinf untuk menampilkan pesan yang ingin
ditampilkan pada program nantinya. Dan header #include <conio.h> yang di
akhiri getch(); berfungsi untuk mempertahankan tampilan.
2.
Statemen (pernyataan)
pada program ini diinputkan menggunakan scanf
3.
Statemen (pernyataan)
pada program ini ditampilkan menggunakan printf
Tugas
Praktikum
Pemrograman
C++
Nama
Program :
Menghitung nilai luas
segitiga
Bahasa
Pemrogramam : C++
Compiler : Visual C++ 6.0
Script program :
#include <iostream.h>
void main ()
{
cout<<"---------------------------\n";
cout<<"PROGAM MENGHITUNG LUAS SEGITIGA"<<endl;
cout<<"---------------------------\n"<<endl;
float Alas, Tinggi, Luas_Segitiga;
cout<<"Masukan Nilai Alas Segitiga : ";
cin>>Alas;
cout<<"Masukan Nilai Tinggi Segitiga : ";
cin>>Tinggi;
Luas_Segitiga=0.5*Alas*Tinggi;
cout<<"Nilai Luas Segitiga adalah :
"<<Luas_Segitiga<<endl;
}
Output
Program :
Penjelasan :
1.
Dalam program ini menggunakn header
#include <iostream.h> sebab menggunakan cout-cin. Tipe data yang digunakan adalah float karena harga dari
variabel merupakan bilangan pecehan atau desimal. Menggunakan 3 variabel, yaitu
Alas, Tinggi, dan Luas_Segitiga
2.
Tipe data digunakan untuk
menginisialisasi variabel
3.
Tipe data yang digunakan adalah float
karena harga dari variabel merupakan bilangan pecehan atau desimal
TUGAS RUMAH
Pemrograman
C++
Nama
Program :
Progam Konversi Suhu dari Celcius ke Fahrenheit, Reamur & Kelvin
Bahasa
Pemrogramam :
C++
Compiler : Visual C++ 6.0
Script program :
#include<iostream.h>
void main ()
{
cout<<"********************************\n";
cout<<"PROGAM
PERHITUNGAN KONVERSI SUHU"<<endl;
cout<<"********************************\n"<<endl;
cout<<"KONVERSI SUHU DARI CELCIUS
KE"<<endl;
cout<<"Fahrenheit|Reamur|Kelvin"<<endl;
cout<<"******************************\n";
float Suhu_Celcius, Fahrenheit, Reamur, Kelvin;
cout<< "Masukkan Suhu
Dalam Celcius: ";
cin>> Suhu_Celcius;
cout<<"****************************************\n";
cout<<" ===***===HASIL
KONVERSI===***==="<<endl;
cout<<"****************************************\n";
Fahrenheit = Suhu_Celcius / 5 * 9 + 32;
Reamur = Suhu_Celcius/ 5 * 4;
Kelvin = Suhu_Celcius + 273.15;
cout << "Fahrenheit:
" <<Fahrenheit<< " oC" <<endl;
cout << "Reamur : " <<Reamur<< "
oC" <<endl;
cout << "Kelvin : " <<Kelvin<< "
oC" <<endl;
cout<<"***************************************n";
}
Output
Program :
Penjelasan
program :
1.
Script/sintax program
di atas menggunakan header iostream.h
2.
Statemen (pernyataan)
berisi
perintah-perintah yang akan dilakukan program. Pada
program ini statement ditampilkan menggunakan cout.
3.
“{“
berfungsi untuk menandakan awal program.
4.
“}”berfungsi untuk menandakan akhir program.
Penjelasan :
Program konversi suhu dari celcius
ini menggunakan header #include <stdio.h> karena menggunakan printf dan header #include
<iostream.h> karena menggunakan cout – cin. Tipe data yang digunakan
adalah float karena harga dari variabel merupakan bilangan pecehan atau
desimal. Menggunakan 4 variabel, yaitu Celcius, Fahrenheit, Kelvin dan Reamur.
Flowchart:
KESIMPULAN
Yang
perlu diperhatikan dalam penulisan suatu progam dengan
menggunakan bahasa pemrogaman C++ adalah:
1.
Baris main
() mendeklarasikan fungsi utama
dari suatu program.
Fungsi
utama akan dieksekusi pertama kali setiap kali program C++ berjalan. Inti dari
seluruh program C++ berpusat pada fungsi utama ini. Perintah
void bermakna bahwa fungsi main() tidak mengembalikan nilai/value
2.
File
header iostream.h yang kita include digunakan apabila kita ingin menggunakan perintah cout
untuk menampilkan statement (pernyataan).
3.
File
header stdio.h yang kita include digunakan apabila kita ingin menggunakan perintah printf
untuk menampilkan statement (pernyataan).
4.
Pada penggunaan fungsi cout-cin dan
fungsi printf-scanf hasil output berbeda, yaitu pada printf-scanf nilai tipe
data dipanggil kembali sedangkan pada fungsi cout-cin tidak ada pemanggilan
tipe data.
DAFTAR RUJUKAN
Tim Asisten Dosen. 2012. Modul 1 Pengenalan
Sistem Operasi, Ide Visual C++, Dan Algoritma Pemrograman.
Malang: Unversitas Negeri Malang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar